Jenis- Jenis Valve Yang Digunakan Buat Boiler Standar serta Fungsinya

Valve

Valve ataupun katup merupakan suatu fitur yang terpasang pada sistem perpipaan, yang berperan buat mengendalikan serta memusatkan laju aliran fluida dengan cara

membuka, menutup ataupun menutup sebagian aliran fluida. Katup mempunyai kedudukan berarti dalam sesuatu industri semacam mengendalikan air buat keperluan pemanasan air pada boiler.

Valve bisa dioperasikan secara manual, baik dengan memakai pegangan, tuas pedal serta lain sebagainya. Tidak hanya dioperasikan secara manual, valve bisa dioperasikan secara otomatis dengan memakai prinsip tekanan serta temperatur. Pergantian tersebut hendak pengaruhi diafragma, pegas ataupun piston sehingga secara otomatis hendak menggerakan katub dengan sistem buka tutup.

1. Gate Valve Distributor Valve

Gate valve merupakan tipe katup yang digunakan buat membuka aliran dengan metode mengangkut gerbang penutupnya yang berupa bundar ataupun persegi panjang. Gate Valve merupakan tipe valve yang sangat kerap dipakai dalam sistem perpipaan yang gunanya buat membuka serta menutup aliran.

Gate valve tidak buat mengendalikan besar kecil laju sesuatu aliran fluida dengan metode membuka separuh ataupun seperempat letaknya, Jadi posisi gate pada valve ini wajib benar benar terbuka( fully open) ataupun betul- betul tertutup( fully close). Bila posisi gate separuh terbuka hingga hendak terjalin turbulensi pada aliran tersebut serta turbulensi ini hendak menimbulkan:

a)

Hendak terjalin pengikisan sudut- sudut gate.

laju aliran fluida yg turbulensi ini bisa menggerogoti sudut- sudut gate yang bisa menimbulkan erosi serta pada kesimpulannya valve tidak bisa bekerja secara sempurna.

b)

Terjalin pergantian pada posisi dudukan gerbang penutupnya.

Gerbang penutup hendak terjalin pengayunan terhadap posisi dudukan, sehingga lama kelamaan letaknya hendak berganti terhadap dudukan sehingga apabila valve menutup hingga gerbang penutupnya tidak hendak terletak pada posisi yang pas, sehingga dapat menimbulkan passing.

2. Globe Valve

Globe Valve merupakan tipe Valve yang digunakan buat mengendalikan laju aliran fluida dalam pipa. Prinsip dasar dari pembedahan globe valve merupakan gerakan tegak lurus disk dari dudukannya. Perihal ini membenarkan kalau ruang berupa cincin antara disk serta cincin sofa bertahap sedekat Valve ditutup.

Terdapat 3 tipe desain utama wujud badan Globe Valve, ialah: Z- body, Y- body serta Angle- body:

Z- Body desain merupakan jenis yang sangat universal yang kerap dipakai, dengan diafragma berupa Z. Posisi dudukan disk

horizontal serta pergerakan batang disk tegak lurus terhadap sumbu pipa ataupun dudukan disk. Wujudnya yang simetris mempermudah dalam pembuatan, instalasi ataupun perbaikannya.

Y- Body desain merupakan suatu alternatif buat high pressure drop. Posisi dudukan disk

serta batang( stem) ber sudut 45˚ dari arah aliran fluidanya. Tipe ini sangat sesuai buat tekanan tinggi

Angle- Body desain merupakan modifikasi dasar dari Z- Valve. Tipe ini digunakan buat mentransfer aliran dari vertikal ke horizontal.

Keuntungan memakai globe valve

merupakan:

Keahlian dalam menutup baik.

keahlian throttling( mengendalikan laju aliran) Lumayan baik.

Kelemahan utama pemakaian globe

valve merupakan:

Penyusutan tekanan lebih besar dibanding dengan gate valve

Valve dimensi besar memerlukan energi yang lumayan ataupun aktuator yang lebih besar buat beroperasi

3. Butterfly Valve

Butterfly Valve merupakan valve yang bisa digunakan buat mengisolasi ataupun mengendalikan aliran.

Mekanisme penutupan mengambil wujud suatu disk. System pengoperasiannya mirip dengan ball valve, yang membolehkan kilat buat menutup. Butterfly Valve biasanya disukai sebab biayanya lebih murah di banding valve tipe yang lain. Desain valve ini lebih ringan dalam berat dibandingkan jenis- jenis valve yang lain. Bayaran pemeliharaan umumnya juga lebih rendah karena

jumlah bagian yang bergerak sedikit.

Butterfly Valve gampang serta kilat buat dioperasikan sebab rotasi 90o yang digerakkan oleh handwheel dengan menggerakkan disk dari tertutup penuh ke posisi terbuka penuh.

Butterfly Valve sangat sesuai buat penindakan arus besar cairan ataupun gas pada tekanan yang relatif rendah serta buat penindakan cairan padatan tersuspensi dengan jumlah besar.

Baca Juga : Game Online untuk Anak – Ketahui Lebih Banyak Tentang Dunia Penuh Warna Ini

4. Check Valve

Check valve merupakan perlengkapan yang digunakan buat membuat aliran fluida cuma mengalir ke satu arah saja ataupun supaya tidak terjalin reversed flow/ back flow. Kala laju aliran fluida cocok dengan arahnya, laju aliran tersebut hendak membuat

plug ataupun disk membuka. Bila terdapat tekanan yang tiba dari arah bertentangan, hingga plug ataupun disk tersebut hendak menutup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *