Kenali Komponen Mesin Mobil Yang Paling Vital Sebelum Dapatkan Promo Fortuner

Memiliki kendaraan adalah dambaan bagi banyak orang, apalagi zaman saat ini sudah dituntut oleh kecepatan terhadap waktu. Mobil adalah transformasi kendaraan muat banyak dari sebelumnya adalah delman atau kereta kuda. Zaman dahulu, tenaga utama kendaraan adalah binatang seperti kuda, keledai, unta, sapi, dan lain-lain. Tapi saat ini, kendaraan sudah bertenaga mesin yang semakin diperbarui. Mobil Fortuner dengan promo fortuner yang menariknya merupakan salah satu revolusioner A.

Bagian silinder adalah komponen yang bisa mengonversi energi panas dari bahan bakar menjadi energi mekanik yaitu pergerakan. Di bagian silinder ini biasanya piston bekerja. Di dalam blok mesin, silinder umumnya dipasang berjajar dalam segaris. Kemudian bagian blok silinder adalah komponen penopang bagian utama mesin yaitu kepala silinder, piston, poros engkol dan oil pan. Jika kedua komponen ini tidak berfungsi dengan baik, mungkin akan mengganggu kinerja mesin mobil.

Kepala Silinder (Cylinder Head )

Bagian kepala silinder berfungsi dalam penutupan rongga ruang pembakaran diĀ  blok silinder. Sifat dari komponen ini adalah statis. Apabila di bagian atas blok silinder terpasang kepala ini, pembakaran mesin akan terjadi.

Piston

Piston berfungsi dalam tugas mengubah volume silinder yaitu peran dalam pengaturan proses pembakaran bahan bakar. Pertama-tama, piston akan mengatur keluar masuknya bahan bakar dan udara. Lalu, piston akan memgompres kemudian dilakukan pembakaran dan pembuangan sisa gas dari pembakaran. Jadi, proses pembakaran bahan bakar tanpa bantua piston tidak akan berlangsung mulus.

Batang Piston

Batang piston adalah bagian dari piston yang mengatur pergerakan naik turunnya piston dalam pengubahan volume dari silinder. Piston memiliki tiga fungsi penting yaitu pertama menghubungkan piston dan crankshaft (poros engkol) sehingga hasil tenaga dari pembakaran bisa diteruskan ke poros engkol. Lalu, batang piston juga berfungsi dalam mendukung pergerakan naik turun piston dalam silinder. Fungsi ketiga adalah batang piston bersama dengan poros engkol, ibarat lengan yang mengubah gaya naik dan turun dalam silinder. Sebagaimana perubahan dalam mesin itu, promo Fortuner terbaru juga bisa saja berubah-ubah, maka Anda perlu rutin mengecek promo di dealer Toyota Astrido.

Poros Engkol

Poros engkol disebut juga dengan istilah crankshaft atau kruk as yaitu bertugas dalam proses perubahan piston dari naik turun menjadi putar di dalam silinder. Selain itu, poros engkol juga bertugas dalam melanjutkan gaya putar itu menuju fly wheel lalu ke bagian sistem pemindah tenaga.

Carter

Bagian carter adalah penampung oli atau disebut juga bak oli yang letaknya berada di bagian terbawah dair mesin. Di bagian antara carter dan crankcase ada bagian gasket atau packing yang fungsinya mengurangi atau mencegah kebocoran oli. Fungsi utama carter adalah menampung oli agar pelumas mesin selalu ada. Adanya pelumas oli, mesin yang saling bersinggungan tidak akan cepat aus dan tidak cepat panas sehingga kerusakan komponen mesin akan diminimalkan.

Komponen yang tersebut di atas terbagi dalam 2 komponen umum yaitu komponen dinamis dan statis. Komponen dinamis atau yang bisa bergerak adalah piston, poros engkol, gigi timing, mekanisme katup, poros hubungan, dan roda penerus (fly wheel). Lalu komponen statis adalah Blok silinder, kepala silinder, dan carter.

Demikian tentang komponen-komponen penting dalam mobil terutama adalah mesin. Mesin tidak bisa diremehkan karena bagian ini yang paling utama dalam menggerakkan mobil. Pengontrolan yang rutin juga akan meningkatkan performa mesin yang berkualitas. Misalnya pada mobil yang sering mogok adalah bisa disebabkan oleh gangguan pada komponen mesin tersebut. Jadi, Anda harus rutin mengontrol ke bengkel.

Nah, setelah mengetahui komponen penting mesin, cap cus segera kunjungi dealer Toyota Astrido terdekat Anda untuk mendapatkan promo Fortuner Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *