Sejarah Gerakan Non- Blok sampai Catatan Negeri Anggota Non- Blok

( GNB) ataupun Gerakan Non- Blok ialah organisasi internasional, terdiri dari 100 negeri. Negeri tersebut tidak mempunyai jalinan dengan negeri lain buat tujuan politik.

Tujuan dari organisasi ini merupakan buat menjamin kemerdekaan, kedaulatan, serta keamanan.

Berikut Sejarah Gerakan Non- Blok sampai catatan negeri anggotanya:

GNB berdiri dikala diselenggarakan Konferensi Tingkatan Besar( KTT) I GNB di Beograd, Yugoslavia pada 1- 6 September 1961. Kata Non- Blok diperkenalkan awal kali oleh Perdana Menteri India, Nehru dalam pidatonya pada 1954 di Colombo, Sri Lanka.

Terdapat 5 pilar yang digunakan selaku pedoman, perihal ini digunakan selaku basis dari Gerakan Non- Blok. Berikut 5 prinsip tersebut: pelopor gnb

1. Silih menghormati integritas teritorial serta kedaulatan.

2. Perjanjian non- agresi( perjanjian tanpa perang).

3. Tidak mengintervensi urusan dalam negara, negeri lain.

4. Kesetaraan serta keuntungan bersama

5. Melindungi perdamaian.

Gerakan ini digagas 5 pemimpin dunia semacam Josip Broz Presiden Yugoslavia, Sukarno Presiden Indonesia, Gamal Abdul Nasser Presiden Mesir, Pandit Jawaharlal Nehru Presiden India, serta yang terakhir Kwame Nkrumah dari Ghana.

Pertemuan GNB berlangsung tiap 3 tahun sekali, serta negeri yang sempat jadi tuan rumah ialah Yugoslavia, Zimbabwe, Kuba, India, kolombia, Indonesia, Afrika Selatan, Zambia, Mesir, Alzazair, Sri Lanka, serta Malaka.

Pertemua awal diadakan di Beograd pada 1961 September. Dihadiri 25 anggota, terdiri dari 11 dari Asia serta Afrika bersama dengan Yogoslavia, kuba, serta Siprus. Pada pertemua awal ini mendiskusikan, gimana buat melawan kolonialisme, imperialisme, serta neo- kolonialisme.

Pertemuan selanjutnya diadakan di Kairo pada 1964, serta dihadiri oleh 56 negeri anggota. Pertemuan ini mendiskusikan menimpa konflik Arab- Israel serta Perang India- Pakistan.

Pertemuan pada 1969 di Lusaka dihadiri 54 negeri. Perihal ini jadi berarti sebab buat menghasilkan ikatan ekonomi serta politik.

Baca Juga : Game Online untuk Anak – Ketahui Lebih Banyak Tentang Dunia Penuh Warna Ini

Catatan Negeri Anggota GNB

Berikut catatan anggota negeri Gerakan Non- Blok di antara lain Afganistan, Afrika Selatan, Republik Afrika tengah, Brunie, India, Indonesia, Kolombia, Palestina, Singapore, Sri Lanka, Uni Emirat Arab, serta Malaysia.

Seperti itu sebagian catatan negeri anggota Gerakan Non- Blok, organisasi ini bertujuan buat kemerdekaan nasional, kedaulatan, serta integritas nasional negara- negara anggota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *